Selamat Datang di Website Ekonomi Mikro Syariah

Pelosok Desa Perlu Edukasi Ekonomi Syariah

Selasa, 21 Februari 2012

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Edukasi ekonomi syariah dinilai harus sampai ke pelosok desa. Dengan begitu, pemahaman masyarakat dapat meluas sehingga ekonomi syariah lebih mudah menjawab persoalan bangsa.

Menurut Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Muliaman D Hadad, tantangan utama untuk mendorong ekonomi syariah berasal dari sisi edukasi masyarakat.

Edukasi akan meminimalisasi berbagai kecurigaan yang merupakan akibat dari ketidaktahuan akan ekonomi syariah. “Perlu edukasi ke masyarakat luas agar tidak ada kecurigaan dan dipahami, sehingga ekonomi syariah bisa menjawab persoalan bangsa," ujar Muliaman dalam pelantikan pengurus MES, Jumat (17/2).

Muliaman yang juga Deputi Gubernur Bank Indonesia itu mengatakan, ekonomi syariah harus mampu mengentaskan kemiskinan dan membangun bangsa. “Jadikan ekonomi syariah sebagai rahmatan lil alamin yang bermanfaat bagi semua, mensejahterakan saudara yang masih belum beruntung," imbaunya.

Edukasi ekonomi syariah akan dijadikan MES sebagai program prioritas di daerah. Muliaman mengatakan masing-masing cabang MES di daerah diharapkan memiliki program tersebut. “Kita ikhtiarkan (program edukasi) melalui sinergi dengan berbagai pihak," ujarnya.

Selain cabang MES, Muliaman mengajak berbagai komunitas dan organisasi untuk bekerjasama dalam memperkenalkan ekonomi syariah di daerah. Sinergi antar lembaga tersebut dinilai perlu untuk menyatukan tujuan. “Kita harus susun bagaimana terbangun sinergi, kekuatan, dan motivasi dalam rangka membangkitkan peran ekonomi syariah," paparnya.

0 komentar:

Poskan Komentar